Never Eat Alone

Tips Networking Dari Seorang Master Of Networker

Jenis Buku : Import

Negara Penerbit : Amerika Serikat

Penulis : Keitz Ferrazzi

Tahun Terbit : 2014

Kategori: Networking

Indra Budi

Author Review

781

Read
Indra
Indra Budi

HR Manager, Entrepreneur, Read 1 book a week

  

25 May 2017 | Komentar : 0

 

“Your network is your net worth”

"It's not what you know, it's who you know"

 

Secara ringkas buku ini membahas tentang seni membangun networking yang terdiri dari mindset, prinsip, termasuk teknik-teknik bagaimana menjadi seorang good networker. Ditulis oleh seorang networking expert dan menjadi buku best seller di Amerika Serikat.

 

Prinsip Dasar

Pada Bab awal penulis menjelaskan prinsip dasar networking, yaitu bahwa networking yang sesungguhnya adalah tentang menemukan cara untuk membuat orang lain lebih sukses. Jika kita melakukan sesuatu yang membuat orang lain lebih sukses (provide value), orang lain akan menghargai nilai sebuah hubungan (relationship) tersebut, dan semakin besar value dari sebuah relationship maka semakin berharga hubungan yang terbangun.

Jika Anda ingin menjadi seorang networker yang baik, jangan tanyakan “Bagaimana orang lain bisa membantu saya?”, tetapi tanyakan "Apa yang bisa saya bantu untuk orang lain?”. Seperti itulah cara berfikir seorang netwoker, mulai dari keinginan untuk mempermudah dan membantu orang lain.

 

Tahapan Membangun Networking

Awalnya saya mengira bahwa networking itu tentang seberapa banyak orang yang kita kenal, tentang seberapa banyak kartu nama yang kita bisa kumpulkan. Tetapi setelah membaca buku ini saya menjadi tahu bahwa pemahaman seperti itu masih terlalu sederhana, dan bahkan bisa menjurus ke rasa frustasi dalam membangun networking.

Bayangkan seberapa banyak orang yang bisa kita temui untuk kemudian kita mintakan kartu namanya atau kita harus catat dan ingat namanya. Dan dari saking banyaknya daftar kartu nama tersebut apa yang bisa kita lakukan?, seiring waktu kemungkinan sebagian banyak kita sudah lupa, dan sisanya kita hanya masih ingat dan mengenal sekilas dalam pertemuan sekilas tanpa ada kedekatan personal yang lebih dari itu.

Networking tidak begitu berguna jika kita tidak menetapkan misi. Mulailah dengan merumuskan misi Anda membangun networking, contohnya misi untuk mengembangkan karir profesional di dunia korporasi, misi untuk bertemu investor yang bisa membiayai ide bisnis Anda, atau misi expansi bisnis, dan lain sebagainya.

Setelah misi sudah ditentukan, berikutnya buat daftar profesi, jabatan, dan nama-nama orang yang Anda pikir penting untuk mengenalnya dan membangun relationship dengan mereka. Untuk meraih hubungan dengan mereka mulailah dari lingkaran koneksi Anda saat ini (current network), kemudian kembangkan network Anda dari waktu ke waktu, Keith merekomendasikan untuk mengidentifikasi para gatekeeper, mereka biasanya para jurnalis, politikus, head hunter, public relation dan lain-lain.

 

Good Points

Saya menemukan banyak hal bagus dalam buku ini, dan berikut adalah hal-hal bagus yang semoga berguna untuk Anda:

  • Keith mengatakan salah satu rahasia sukses orang-orang hebat adalah mereka membangun personal relationship yang kuat. Bill Clinton memulainya sejak usia 22 tahun, setiap malam ia mencatat nama-nama orang yang ditemuinya, mengingatnya, dan membina hubungan dengan mereka secara personal.
  • Bangun network dari sekarang, jangan menunggu sampai Anda membutuhkannya. Membangun network seperti membangun otot, ia tidak bisa jadi hanya dalam sekali atau dua kali latihan, tetapi perlu waktu dan konsistensi untuk membuatnya jadi. Begitu juga networking, mulailah dari saat ini, dari circle terkecil Anda.  Take it one step and person at a time.
  • Networking itu harus dibina, atau akan melemah dan terlupakan. Keith menyebutnya sebagai relationship glue, yaitu membina hubungan dan menguatkan ikatan hubungan. Ia menyarankan beberapa tips seperti; cobalah berbagi tentang passion Anda, misalnya jika Anda hobi photography coba share foto-foto terbaik saat Anda foto hunting ke group chat Anda. Atau jika Anda hobi memasak, Anda bisa mengundang teman dan sahabat untuk mencicipi masakan Anda. Jika Anda suka menulis, berbagilah dengan mereka.
  • Uniknya buku ini menaruh perhatian penting pada momen makan, itulah kenapa judulnya Never Eat Alone, penulis mengatakan bahwa momen saat makan merupakan menjadi momen terbaik untuk membangun dan merekatkan hubungan (relationship). So, ketika Anda makan sendirian, Anda kehilangan momen untuk connect dengan orang lain.
  • Sekali lagi networking yang baik adalah yang memberikan nilai, dan kualitas relationship lebih penting daripada kuantitasnya. How you spend time with people is much more important than how much time you spend with them.
  • Follow up. Ferazzi menekannya pentingnya hal ini, maka saat Anda membuat koneksi baru dengan orang lain, segera follow up. Baik itu bentuknya email, pesan singkat, maupun surat tulisan tangan. You need to follow up on any connection you make that you feel is important.
  • “Ping”, buat lingkaran koneksi Anda tetap terhubung dan hidup, "ping !" mereka baik sekedar menyapa ataupun berbagai sesuatu yang berguna. Ingat, bukan hanya disaat kita membutuhkannya tetapi lakukan secara kontinu.

Pada bagian terakhir buku ini kebanyakan membahas tentang cara bagaimana menguatkan ikatan lingkaran network Anda, terutama bagaimana membuat diri kita lebih bernilai dan berguna untuk orang lain. Make yourself interesting. No one wants to spend time around a boring person, so make yourself interesting.