The One Thing (Part 2)

Fokus Pada Hal Yang Benar-Benar Penting

Jenis Buku : Import

Negara Penerbit : Amerika Serikat

Penulis : Garry Keller

Tahun Terbit : 2012

Kategori: Self Help

Indra Budi

Author Review

2.326

Read
Indra
Indra Budi

HR Manager, Entrepreneur, Read 1 book a week

  

12 Nov 2016 | Komentar : 0

Ini adalah catatan kedua review buku The One Thing. Catatan pertama berjudul Satu-Satunya Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja yang membahas konsep dasar tentang produktivitas dan pengenalan apa yang dimaksud dengan The One Thing.

Sekali lagi, menurut saya wajar jika buku ini menjadi best seller, selain ditulis dengan sangat apik yang disertai ilustrasi yang menarik, isinya juga padat dan banyak pembelajaran yang bisa diambil. Itulah sebabnya kenapa pada kesempatan ini Saya kembali menulis tentang buku ini.

Untuk tulisan kedua ini, Saya ingin memperdalam tentang pentingnya fokus pada satu pekerjaan kemudian menciptakan keadaan yang kondusif agar pekerjaan tersebut selesai.

 

Pentingnya Fokus Pada SATU Hal Terpenting

Apakah Anda bekerja begitu sibuk setiap hari ?, begitu banyak list pekerjaan yang harus diselesaikan, pekerjaan lama belum selesai, pekerjaan baru pun sudah datang. Ya itulah keadaan yang dihadapi oleh kebanyakan orang di dunia kerja, berkejaran dengan tugas yang harus diselesaikan.

Ketahuilah bahwa terlihat sibuk tidak membawa Anda kemana-mana, Anda mungkin hanya berputar-putar  atau seperti lari di tempat. Tidak ada hasil penting yang luar biasa yang Anda hasilkan.

Rahasia untuk bekerja produktif sebenarnya cukup melakukan dua hal, pertama pekerjaan yang dilakukannya adalah pekerjaan penting, dan yang kedua cara kerjanya harus fokus. Oleh sebab itu, sebelum bekerja mulailah membuat daftar pekerjaan yang akan dilakukan, tuliskanlah semua pekerjaan pada kertas kosong, setelah itu coba lihat lebih dalam pada daftar pekerjaan tersebut mana pekerjaan paling penting dan pekerjaan tidak begitu penting. Mana pekerjaan memerlukan pemikiran yang mendalam dan mana pekerjaan yang tidak perlu pemikiran yang mendalam. Bersikaplah tegas untuk  mampu memisahkan keduanya secara jelas. Kemudian pilihlah SATU pekerjaan yang paling penting dan paling besar dampaknya pada hasil pekerjaan Anda. Sisanya lupakan saja dulu.

Kedua, setelah jenis pekerjaannya ditentukan, berikutnya adalah kemampuan Anda untuk bekerja secara fokus pada pekerjaan tersebut sampai pekerjaan tersebut selesai. Tanpa kemampuan untuk fokus, pekerjaan tersebut mungkin tidak selesai, atau mungkin lama selesainya, dan yang lebih menyedihkan adalah hasilnya tidak memuaskan. Karena hasil yang luar biasa hanya bisa dicapai melalu fokus.

Berikut ini adalah salah satu cara untuk mengkondisikan agar kita mampu bekerja secara fokus.

 

Time Bloking

Time bloking adalah cara untuk memastikan apa yang harus diselesaikan bisa selesai.

Luangkan waktu khusus untuk bekerja tanpa ada gangguan untuk fokus mengerjakan hal yang penting. Idealnya total waktu time bloking adalah 4 jam sehari, fokus hanya mengerjakan satu hal saja secara mendalam. Cari tempat yang ideal yang bisa menjauhkan Anda dari gangguan. Mintalah pengertian rekan kerja, atau anggota keluarga untuk tidak mengganggu selama Anda sedang fokus bekerja.

Bruce Lee menyebutnya "Golden Hour". Bruce Lee sangat konsisten menjaga waktu latihannya dari semua gangguan. Ia tidak mengizinkan siapapun menghubunginya saat latihan, termasuk Istrinya. Waktu latihan adalah waktu paling efektif untuk mengerjakan hal yang paling penting bagi dirinya.

 

Fear Of Chaos

Setiap kita melakukan pilihan pasti ada konsekwensinya, termasuk ketika kita memilih untuk fokus ini juga memiliki konsekwensi yaitu pekerjaan lain tidak selesai. Akan selalu ada tugas dan kebutuhan orang lain pada kita yang tidak ada hubungannya dengan tujuan besar kita tetapi masih bersifat penting. Ini akan membuat Anda tertekan.

Ketika kita berjuang untuk sesuatu yang besar dan penting, hal tersebut pasti akan mengundang kekacauan (chaos). Semakin kamu komit pada tujuan besarmu, semakin besar tekanan yang akan kau terima.

Disinilah pentingya bersahabat dengan kekacauan, dan kreatif menyelesaikan masalah tersebut. Jangan takut dengan chaos, belajarlah untuk menerima sedikit kekacauan yang mungkin terjadi, selama Anda fokus pada tujuan besar, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih besar.