Working Together

Warren Buffet: Tiga Hal Yang Saya Cari Dari Seseorang

Jenis Buku : Import

Negara Penerbit : USA

Penulis : Michael D Eisner

Tahun Terbit : 2010

Kategori: Leadership

Indra Budi

Author Review

1.523

Read
Indra
Indra Budi

HR Manager, Entrepreneur, Read 1 book a week

  

05 Sep 2016 | Komentar : 0

Berkshire Hathaway adalah perusahaan konglomerasi (holding company) yang bermarkas di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Perusahaan ini membawahi berbagai perusahaan seperti asuransi, airline, pakaian, ritel, transportasi, makanan dan minuman termasuk Coca cola.

Perusahaan ini awal mulanya adalah perusahaan tekstil, kemudian dibeli oleh Warren Buffet sehingga berkembang menjadi perusahaan konglomerasi raksasa dunia. Melalui perusahaannya ini Warren Buffet pernah dinobatkan sebagai orang terkaya kedua di dunia oleh Majalah Forbes.

                     

Warren Buffett dikenal luas memiliki kemampuan merekrut orang-orang terpilih untuk bekerja diperusahannya. Karakteristik orang seperti apa yang Ia percaya untuk mengelola bisnisnya ?

The Story

Pada sebuah agenda kunjungan siswa sekolah, Warrant Buffet memberikan sebuah permainan untuk mengajari anak-anak tentang hal yang ingin Ia sharingkan.

Dia meminta para siswa untuk memilih teman kelas, tapi bukan sembarang teman kelas. Yaitu teman kelas yang dengannya Dia  bersedia memberikan 10% dari pendapatannya untuk diberikan kepada teman kelas tersebut, bahkan bukan sekali kasih tetapi sepanjang hidupnya. Teman kelas yang sepperti apa yang akan Ia pilih dan mengapa ?

"Apakah Kamu akan memilih teman yang ber-IQ tinggi?" Tanya Buffett. "Apakah kamu akan memilih orang yang paling bagus dalam prestasi dibidang olah raga?, Atau orang dengan nilai tertinggi di kelas ?, kualitas seperti apa yang akan menjadi penentu pilihanmu? "

Dia kemudian mengajak siswa untuk mengambil selembar kertas lalu meminta menuliskan daftar semua atribut positif seseorang di sebelah kiri, dan kemudian daftar atribut negatif di sebelah kanan.

Warren Buffet kemudian memberikan nasehat “Pada akhirnya, kualitas yang paling berguna tidak ada hubungannya dengan nilai, hubungan keluarga, atau IQ. Orang membuat pilihan mereka berdasarkan integritas, kebaikan dan kemurahan hati.”

"Anda mencari tiga hal pada diri seseorang; Kecerdasan, Energi, dan Integritas. Dan jika mereka tidak memiliki yang terakhir, tidak perlu pusing dengan dengan dua yang pertama. Semua orang di sini memiliki kecerdasan dan energi, kalau tidak, Anda tidak akan disini. Tetapi integritas terserah Anda.”

    

Pada akhirnya, Warren Buffet menambahkan "Cobalah untuk mengurangi kualitas di kolom kanan, dan mengembangkan kualitas di kolom kiri."

 

*(postimg.org|direct link)