The Magic Of Thinking Big (Part 2)

Fokus Pada Tindakan

Jenis Buku : Import

Negara Penerbit : Amerika Serikat

Penulis : David Schwartz

Penerbit :

Tahun Terbit :

Kategori: Self Help

Indra Budi

Author Review

1.525

Read
Indra
Indra Budi

HR Manager, Entrepreneur, Read 1 book a week

  

10 Jul 2016 | Komentar : 0

Semua niat atau rencana tidak mungkin datang dengan begitu saja, tetapi harus diperjuangkan melalui tindakan. Persis seperti yang disampaikan seorang entrepreneur, John Wanamaker ”Tidak ada yang akan datang hanya dengan memikirkannya saja.”

Oleh sebab itu, memiliki gagasan yang bagus saja tidak cukup. Gagasan itu selamanya akan tetap menjadi gagasan yang tidak bernilai apabila tidak dilaksanakan. Namun sebaliknya, gagasan sederhana yang dilaksanakan adalah jauh lebih baik apabila dikerjakan. Gagasan hanya sebagai faktor saja, tetapi penentunya adalah tindakan.

         

Perhatikan ilustrasi pada gambar diatas. Gagasan paling brilian tapi tanpa eksekusi hanya bernilai $20, tetapi gagasan brilian dikali eksekusi dengan brilian pula maka hasilnya akan bernilai $20.000.000. atau sepuluh juta kali lebih besar hasilnya.

Saya menyukai prinsip “fokus pada tindakan” yang dijelaskan dalam buku ini. Ini adalah salah satu prinsip penting yang paling berpengaruh dalam hidup saya. Semua pembelajaran dan pengetahuan tidak ada artinya tanpa action plan yang nyata. Semua nasihat-nasihat terbaik   tidak akan mengubah apapun apabila tidak dilaksanakan menjadi sebuah tindakan.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengisi pikiran kita dengan berbagai ilmu. Karena ilmu akan menuntun bagaimana cara kita berfikir. Dan cara kita berfikir akan menentukan cara kita bertindak, dan cara kita bertindaklah akan menentukan hasilnya.

Akan tetapi kita juga harus hati-hati terhadap ketertarikan kita dalam menuntut ilmu, ada bagian dari otak kita yang bekerja karena distimulus oleh keingintahuan yang tinggi (curiousity). Akibatnya, cara kerja otak seperti ini bisa mengakibatkan “kecanduan” untuk terus menerus mencari insight yang bisa membuat kita senang dengan untuk terus mencari ilmu menurunkan  minat untuk segera bertindak.

Segeralah bertindak !. Itu pesan dari buku ini, tidak ada waktu yang paling sempurna untuk bertindak, lakukan sekarang. Kebiasaan kita suka menunda-nunda melakukan sesuatu, menunggu waktu yang pas, menunggu keadaan ideal, menunggu kita siap melakukannya. Percayalah waktu ideal seperti itu adalah ilusi, semakin ditunggu semakin kita menunda sampai kita terpaksa melakukannya.

Ada sebuah kutipan dari seorang penulis ‘Saya mempunyai batas waktu untuk dipenuhi, dan saya tidak dapat menunggu jiwa saya untuk bergerak. Saya harus menggerakan jiwa saya. Beginilah bagaimana metode saya bekerja. Saya duduk dibelakang meja kerja, kemudian saya mengambil pensil dan menjalani gerakan mekanis menulis. Saya menuliskan apa saja. Saya membuat jari dan lengan saya bergerak, dan secara perlahan, tanpa sadar, pikiran saya masuk ke jalur yang benar"

Gerakanlah mesin mental Anda secara mekanis. Jangan menunggu hingga jiwa Anda menggerakan Anda. Bergeraklah dan kemudian jiwa Anda akan bergerak.

 

*(postimg.org | direct link)