How To Be Interesting

10 Langkah yang Menjadikan Anda Disukai Banyak Orang

Jenis Buku : National

Negara Penerbit : Indonesia

Penulis : Jessica Hagy

Tahun Terbit : 2015

Kategori: Self Help

Berry
Berry

Factory Manager, Archer, Moslem Adventurer

  

09 May 2016 | Komentar : 2

Tercium aroma kopi yang dituangkan air panas kedalam gelas keramik bermotif bunga. Asap lembut mengepul memberikan kehangatan di pagi yang berbeda dari biasanya. Ku seruput sedikit demi sedikit dengan memejamkan mata menikmati setiap tetes harum kopi membasahi bibirku, sambil duduk santai diteras rumah, ku mulai hari pertama long weekend ini (5 Mei 2016) dengan menuliskan review buku berjudul How To Be Interesting. Silahkan di minum dulu kopinya dan selamat menikmati :D

Begitu lelahnya selama ini memendam hal-hal yang kita suka  karena hanya takut dianggap aneh oleh kebanyakan orang. Mengurungkan mimpi-mimpi karena dianggap beda dengan mimpi-mimpi kebanyakan orang.

Kita tidak diciptakan oleh cetakan pabrik dengan spesifikasi yang seragam. Justru kita terlahir untuk menemukan peran masing-masing dengan bakat yang berbeda

Buku karya Jessica hagy seorang penulis di New York times dan forbes ini cukup menarik bagi saya. Disetiap halamannya hanya tertulis beberapa kalimat yang menyajikan ide-ide pokok saja , tapi justru itu yang akan membuat kita berhenti cukup lama di setiap halamannya, karena asyik menjelajahi pikiran sendiri untuk merenungi pesan yang disampaikan oleh penulis.

Buku ini mengajak agar kita tampil apa adanya. Karena setiap pribadi memiliki perbedaan dan keunikan masing-masing. Saatnya untuk melepaskan topeng kepalsuan yang kita kenakanan. Berani lah untuk mulai mengejar apa yang kita anggap penting bagi hidup kita, bukan untuk memenuhi harapan-harapan orang lain. Saatnya untuk merasakan begitu bahagianya menjadi diri sendiri, menjadi sosok yang benar benar kita inginkan.

Buku ini menuliskan 10 langkah sederhan untuk kita coba:

1. Ayo Mengekplorasi

Matikan semua gadget mu jelajahi tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi, temukan hal-hal yang hebat diluar sana, menghilang lah sementara untuk berpetualang sendirian, maka kamu akan menemukan jati dirimu sebenarnya.

 

2. Bagikan yang Anda Temukan

Anda mengusai dengan baik suatu hal yang mungkin menjadi jawaban yang dibutuhkan bagi orang lain. Bagi anda sebuah fakta lama mungkin sebuah pelajaran baru bagi orang lain. Bagi anda sesuatu yang biasa saja, bisa jadi itu menakjubkan bagi mereka.

Begitu banyak harta karun yang anda miliki yang dibutuhkan orang lain. Bagikan lah kepada mereka. Sebuah gagasan yang dibagikan akan berlipat ganda menjadi sebuah kekuatan.

 

3. Kerjakan Sesuatu Apa Saja

Seandainya itu tidak penting bagi anda, jangan mengerjakannya hanya karena itu penting bagi orang lain. Ambilah sebuah kursus, jadilah relawan, ikuti pertemuan, jangan biarkan kekhawatiran menghalangi pengalaman untuk menjadi hebat

 

4. Manfaatkan Keunikan Anda

Tidak semua orang akan memahami anda, tidak setiap orang akan memuji anda, jangan berubah karena mereka, cukup tersenyum dan maju terus. Setiap orang memiliki keunikan khusus, jangan menyembunyikannya, itu yang akan menjadikan anda menarik, kerjakakan saja walau itu berbeda dan asing. karna karya-karya luar biasa dunia terlahir dari permulaan yang asing kemudian berubah menjadi keunikan yang dipuji.

 

5. Miliki Sebuah Alasan

Ungkapkan hal yang tidak berani diungkapkan oleh orang lain. Anda pemeran utama dan pengarang kisah hidup anda. Jadilah seseorang yang akan selalu dikenang.

 

6. Kurangi Kesombongan

Jika keangkuhan anda lebih menonjol daripada keahlian anda. Itu akan menjadi rintangan bagi sebuah gagasan. Presiden, mentri, dokter, pengacara, tukang beca, tukang sayur hanyalah gelar dan jabatan. Yang terpenting dari itu semua adalah sebuah sikap dibalik gelar tersebut

 

7. Coba Sajalah

Beranilah mencoba. Bermainlah dengan sebuah gagasan baru. Kerjakan sesuatu yang tidak biasa. Jika tidak pernah meninggalkan zona nyaman, anda tidak akan tumbuh.

 

8. Jangan Ikut-ikutan

Kalau semua orang sudah mengerjakannya, berarti anda sudah terlambat.

Kerjakan urusan anda sendiri, biarkan orang lain yang akan mengikuti anda.

Hanya karena ada dimana-mana bukan berarti itu bagus untuk diikuti. Jika anda ingin menarik, kerjakan hal yang spesifik, bukan yang generik.

 

9. Jadilah Pemberani

Bongkar semua gagasan, impian, cita-cita yang pernah anda pendam selama ini. Pakai sepatu mu dan kejarlah itu sekarang.

 

10. Abaikan Celaan Orang

Siapa pun yang mencela apa yang sedang anda kerjakan, cukup tersenyum padanya. dan membuktikannya bahwa dia salah adalah balas dendam yang begitu indah.

 

Setiap pribadi itu unik, tak ada satupun yang serupa dengan anda di dunia ini, itu menunjukan ada bakat anda yang tidak dimiliki orang lain. Temukan pesan khusus kenapa anda diciptakan didunia ini. Lakukan peran mu agar bisa bermanfaat bagi orang lain.