The One Minute Manager

Hanya Butuh 3 Langkah Untuk Menjadi Manajer Terhebat

Jenis Buku : National

Negara Penerbit : Indonesia

Penulis : Ken Blanchard, Spencer Jhonson

Penerbit :

Tahun Terbit :

Kategori: Leadership

Berry
Berry

Factory Manager, Archer, Moslem Adventurer

  

03 May 2016 | Komentar : 3

The One Minute Manager

Buat saya buku itu memiliki rasa. membaca sebuah buku seperti memberi asupan nutirisi bagi pikiran, serta memberi rasa manis bagi jiwa yang senang berpetualang kedalam pengalaman-pengalaman yang berbeda yang dapat diberikan oleh setiap buku-buku baru yang kita baca. Buku yang akan saya review ini karya seorang profesor dan doktor yang sangat terkenal dibidang Management of Organization Behavior, Ken Blanchard dan Spencer Johnson. Mereka begitu cerdas menulis sebuah buku managemen yang jauh dari kesan rumit, teori yang jelimet dan istilah-istilah yang sulit. Buku ini di susun dengan model cerita yang sederhana sehingga kita begitu menikmati alur ceritanya tanpa merasa digurui, namun banyak pelajaran yang bisa dipetik didalamnya.

Bercerita tentang seorang anak muda yang ingin belajar dari seorang manager yang paling hebat di kotanya, kemudian tersiar kabar tentang kehebatan seorang “Manager Satu Menit” yang memimpin sebuah perusahaan yang sangat produktif dibandingkan perusahaan yang lain, dan karyawannya begitu kagum dengan kepemimpinan  manager tersebut. Anak muda ini sangat beruntung karena mendapat kesempatan untuk mengorek rahasia kepemimpinan sang One Minute Manager.

 

Ada tiga rahasia yang diberikan oleh Manager Satu Menit untuk dipelajari oleh anak muda tersebut:

1. Rahasia Pertama: Tujuan Satu Menit

Manager yang baik adalah orang yang mampu mendidik anak buahnya untuk bisa menemukan masalah, mencari solusi dan menyelesaikan masalahnya sendiri. Memberikan dorongan kepada anak buahnya agar tumbuh kepercayaan dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang baik

Tulislah dalam satu lembar kertas untuk disepakati bersama apa yang menjadi tujuan, tanggung jawab dan standar keberhasilan pada tugas tertentu. Cukup satu menit berikan penjelasan secara jelas apa yang benar-benar anda inginkan tercapai. Kesalahan yang sering terjadi pada banyak perusahaan adalah terlalu banyak target yang ingin dicapai dalam satu waktu sehingga fokus karyawan akan hilang. Jadi pastikan dalam satu waktu hanya satu tugas dan penjelasan singkat sudah cukup. Dengan begitu karyawan dengan mudah menyerap informasi dengan jelas dan fokus dengan satu tujuan.

Sisihkan satu menit untuk setiap hari memantau kinerja dan prestasinya. Kekuatan seorang pemimpin adalah mendelegasikan setiap tugas disetiap bagian dengan waktu  yang sangat sedikit namun mendapatkan hasil yang sangat besar dari orang lain.

 

2. Rahasia Kedua: Pujian Satu Menit

Bantulah orang untuk mencapai potensi terbaik mereka, pergoki saat mereka melakukan hal yang benar. Katakana kepadanya begitu senangnya anda melihat apa yang mereka kerjakan, sebutkan poin-poin pekerjaan yang telah dilakukannya dengan baik sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan . Dengan sikap seperti itu maka orang akan merasa pekerjaannya dihargai, semakin jelas poin-poin mana saja yang dengan  baik dilakukan dan hal apa saja yang telah sesuai harapan. Motivasinya akan meningkat untuk bisa melakukan lebih baik dimasa yang akan datang.

Jabatlah tangannya atau sentuh pundak orang itu sebagai penegasan bahwa anda bangga dan mendukung kesuksesan mereka. Tak perlu menunggu penilaian tahunan untuk memuji orang yang berkinerja baik, segera lakukan saat anda menemukan mereka bertindak dengan benar sesuai harapan anda.

 

3. Rahasia Ke Tiga: Peringatan Satu Menit

Segera panggil karyawan anda yang telah melakukan kesalahan, beri peringatan satu menit ditempat yang cukup privasi, jangan jatuhkan harga dirinya dihadapan orang lain. Sampaikan ketidak puasan anda atas kesalahan yang dia lakukan. Sebutkan poin-poin kesalahan yang telah membuat anda kecewa agar dia dapat mengetahui dengan jelas apa saja yang menjadi kesalahannya, kemudian tatap matanya dan diam lah beberapa detik biarkan keheningan terjadi, dengan begitu peringatan akan meresap dengan baik dalam benaknya.

Ingatkan bahwa anda begitu mengandalkan kemampuannya, katakana bahwa hal itu seharunya tak perlu terjadi oleh nya sebagai karyawan yang terkenal berkinerja baik selama ini. Beri sentuhan semangat kemudian katakana bahwa anda mendukung untuk kemajuan karirnya dan minta agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Pastikan anda tidak menyerangnya secara pribadi melainkan yang anda peringati adalah sikap pekerjaannya yang salah.

 

Apakah anda mau mencoba menjadi seorang Manager Satu Menit?. Teori yang disampaikan buku ini memang sederhana namun begitu power full jika anda menguasainya. Karena mencoba hal-hal baru  yang sederhana bisa menjadi pembuka jalan bagi perubahan yang luar biasa dalam hidup kita.