Choose Yourself-2

Menjadi Manusia Banyak Ide ?, Why Not

Jenis Buku : Import

Negara Penerbit : Amerika Serikat

Penulis : James Altucher

Penerbit :

Tahun Terbit :

Kategori: Self Help

Indra Budi

Author Review

1.606

Read
Indra
Indra Budi

HR Manager, Entrepreneur, Read 1 book a week

  

02 Apr 2016 | Komentar : 2

Stephen King, dalam bukunya “On Writing” bercerita bahwa pada suatu ketika ia mengalami kecelakaan. Sehingga ia harus istirahat dan tidak bisa menulis untuk beberapa minggu. Kemudian setelah sembuh dan mulai menulis lagi Ia merasakan perbedaan, tulisannya tidak lagi mengalir, kehilangan kata-kata yang tepat untuk bisa menggambarkan sebuah cerita. Ia mengatakan perlu kembali melatih otot menulisnya agar kembali seperti semula. Para penulis menyebutnya writing muscle atau otot menulis, sejenis keterampilan menulis yang bekerja secara otomoatis tanpa perlu otak bekerja keras untuk melakukannya.


Idea muscle tidak jauh berbeda dengan Writing muscle. Yaitu kemampuan memproduksi ide yang bekerja secara otomatis dengan merespon apapun yang terjadi di sekitarnya.  Apabila kita memahami konsep idea muscle ini kita akan terlatih untuk memproduksi ide tanpa perlu ada usaha dan waktu khusus, dan berlaku juga sebaliknya apabila kita tidak secara sadar melatih kemampuan idea muslce, maka moment apapun yang terjadi di sekitarnya tidak akan diresponya menjadi sebuah ide.

 

Bagaimana caranya menjadi mesin ide ?, pahami bagaimana idea muscle bekerja, dan lakukan pembentukan otot ide dengan cara sebagai berikut:


Bacalah setiap hari empat topik buku bebeda secara cepat. Teknik ini akan men-stimulus otak untuk berfikir secara acak dan menghubungkan satu tema dengan tema yang lainnya. Reaksi otak yang acak terhadap tema buku yang berbeda ini memungkinkan Anda memproduksi ide yang lebih banyak dibandingkan hanya membaca satu buah buku.


Tulisakan sepuluh ide sekali duduk - Write down ten ideas. Tulisakan Ide apapun, apakah ide menciptakan barang baru, ide bisnis, ide membuat tempat hiburan baru, dll. Pada intinya tuliskanlah paling tidak sepuluh ide. Pada lima ide pertama mungkin akan begitu mudah bagi Anda, tetapi berikutnya akan lebih sulit, disinilah Anda sedang melatih otot ide untuk bisa menggali lebih dalam bagaimana menciptkan ide baru.


Aktifkan bagian lain otak Anda  - Activate another part of your brain.  Secara garis besar otak manusia dibagi otak kiri dan otak kanan,  sebagian orang dominan dengan salah satu otak tersebut, misalnya seorang programmer akan dominan menggunakan otak kiri. Maka apabila anda seorang otak kiri cobalah secara sadar aktifkan otak kanan anda. Dan begitu juga sebaliknya. Ini akan membuat pikiran anda merasakan pengalaman baru.

Misalnya, saat ada waktu luang saya senang menggunakan waktu tersebut untuk aktivitas membaca dan menulis, ini merupakan area kerja otak kiri. Tapi, sesekali saat ada waktu luang saya ambil waktu untuk mengunjungi pameran lukisan atau menonton pertunjukan drama. Ada sensasi berbeda saat menikmati aktivitas baru tersebut, ini memperkaya respon otak saya.

I write every day. Sometime I need to energize other parts of my brain, to spark fire when thing have gone dark. I took a watercolor class. I haven’t done watercolor in my life. We got there and the next thing I knew it was three hour later. My brain didn’t  even notice the time passing.


Tabrakan IdeCoalision. Ide bertemu dengan ide lainnya menghasilkan ide baru. Ide terbaik datang dari tabrakan antara ide baru dengan ide yang lama. Jangan takut untuk menantang apa yang sudah biasa berjalan saat ini dengan menganggapnya sudah tidak relevan. Dan cobalah apa ide yang lebih baik untuk kondisi tersebut.  Beranilah menggabungkan ide dan juga menabrakkan ide. Cara ini akan memproduksi kemungkinan ide baru yang tidak terbatas.


Acak rutinitas Anda - Shake thing up. Pengacakan membuat pikiran bertanya “eh apa yang terjadi barusan”. Sementara otak sadar Anda kebingunan, otak bawah sadar anda akan merekam di memorinya sendiri. Sehingga jangan aneh apabila saat anda sedang mandi tiba-tiba kepikiran ide baru. Itu adalah kerja dari stimulus otak sadar dan otak tidak sadar dalam pikiran anda. Makin banyak memori yang tersimpan, makin besar kemungkinan ide diproduksi.

Contoh pada hari libur biasanya Anda bangun pagi, membaca, olah raga, mandi, sarapan bersama. Sekarang cobalah acak misalnya bangun pagi, mandi, membaca buku, menulis, olah raga, membereskan rumah, kemudian tidur. Rasakan sensasi apa yang bisa menstimulus otak Anda sehingga saat menjalaninya akan muncul ide-ide yang tidak biasa terpikirkan.

I have very strick routine everyday. I wake up, read, write, exercise, eat, attend meeting. Then I reverse the process; eat, write, read, and sleep. Do something different.

 

BIG IDEAS, bagaimana mewujudkannya ?

Mungkin suatu saat Anda ketemu dengan ide bagus tapi ide tersebut terlalu besar bagi Anda. Sebuah ide dikatakan terlalu besar apabila Anda tidak bisa membayangkan bagaimana langkah-langkah detail berikutnya. Cobalah lakukan ini:

  • Mungkin sesuatu hal/ide terlalu besar untuk Anda,  tetapi mungkin tidak terlalu besar bagi orang lain. Bagi mereka mungkin mudah, dan mengerti apa yang harus dilakukan. Maka keterampilan berikutnya adalah kemampuan untuk mencari orang yang tepat dan mengkomunikasikannya untuk mewujudkan ide tersebut.
  • Ketika Anda menemukan ide besar, pikirkan bagaimana memecah ide besar itu menjadi bagian-bagian lebih kecil dan achieveable.
  • If you think you can do something, if you have confidence, if you have creativity, the big ideas become smaller and smaller. Until there is no idea too big. As Henry Ford said “Whether you think you can, or you can’t – either way you are right”

 

Idea Machine Wisdom

Saat Anda menanam benih, mungkin tidak semua benih akan tumbuh menjadi tanaman yang bagus dan subur. Saat semua usaha sudah anda lakukan, tetapi ide yang Anda harapkan tidak kunjung datang. Maka saat itu Anda harus mengizinkan kekuatan lain mengintervensi Anda, biarkanlah hal itu terjadi. Kadang ketika kita menyatakan "menyerah", maka kemenangan itu datang tanpa usaha.