Your Money or Your Life

Kendalikan Pengeluaran Anda Secara Sadar

Jenis Buku : Import

Negara Penerbit : USA

Penulis : Vicky Robin

Tahun Terbit : 2010

Kategori: Financial

Indra Budi

Author Review

2.299

Read
Indra
Indra Budi

HR Manager, Entrepreneur, Read 1 book a week

  

15 Mar 2016 | Komentar : 2

Membaca buku ini mengubah persepsi saya tentang uang, dan memotivasi saya untuk memiliki kebebasan secara finansial. Penulis buku ini mengatakan bahwa buku ini tentang mengelola kehidupan pribadi sebagai kehidupan yang "terintegrasi" yaitu kehidupan yang tidak bisa dipisah-pisahkan. Mengapa ?, karena kita sering memisahkan antara area kehidupan berkeluarga, kehidupan bekerja, kehidupan spiritual, dan lain-lain.

Integrated life atau kehidupan yang terintegrasi adalah model hidup yang mengutamakan keseimbangan dari semua aspek kehidupan. Bekerja, berkeluarga, kehidupan sosial, atau kehidupan spiritual bukanlah sesuatu yang terpisah-pisah, tetapi satu kesatuan. Model hidup modernlah yang menciptakan hidup yang serba terpisah dan tersekat sekat. Banyak waktu dihabiskan di tempat kerja dan perjalanan dari rumah ke kantor, sementara waktu untuk berkeluarga dan sosial mendapat porsi yang lebih kecil.

Betapa banyak orang yang bekerja senin-jumat padahal dipikirannya ingin segera ketemu hari sabtu-minggu. Baginya bekerja sebagai kehidupan yang menyiksa dan penuh tekanan, sehingga Ia rindu hari libur untuk membebaskan diri dari tekanan tersebut.

Kebanyakan dari kita, bekerja sebagai karyawan/pegawai yang digaji dianggap sebagai satu-satunya cara untuk hidup, seolah tidak mungkin keluar dari hidup sebagai karyawan, khususnya bagi yang terlanjur banyak hutang. Padahal kita adalah pengendali hidup kita sendiri, bukan orang lain, dan bukan keadaan yang memaksa kita.

Kita bisa hidup secara merdeka, terintegrasi, dan bahagia. Mulailah untuk melepaskan diri dari perangkap-perangkap hidup yang sudah terlanjur membelit kita, salah satu yang pentingnya adalah kemampuan mengendalikan neraca pemasukan dan pengeluaran keuangan. (saya hanya membahas hal ini saja, sementara dibuku dibahas hal lainnya untuk membangun kehidupan yang terintegrasi)

Atur Kembali Pengeluaran Anda

  • Keep track of every cent that comes in and goes out of your life, pastikan bahwa kita memiliki kesadaran akan uang yang masuk dan uang yang keluar.
  • Kendalikan pengeluaran bulanan, hindari pengeluaran yang tidak produktif dan sia-sia, pikirkan kembali barang-barang yang kita beli, apakah kita benar-benar membutuhkannya atau tidak.
  • Catatlah setiap pemasukan dan pengeluaran keuangan Anda secara disiplin dan rutin, kebiasaan ini akan memberikan manfaat untuk Anda bisa mengendalikan pengeluaran secara wajar, dan juga Anda akan memahami bagaimana perilaku pengeluaran Anda.
  • Latihlah memiliki perasaan CUKUP, karena nafsu manusia secara alamiah akan merasa kurang terus.
  • Belajarlah untuk memilih kualitas hidup dibandingkan gaya hidup.