Personality Plus

Cara mudah mengenal kepribadian

Jenis Buku : Import

Negara Penerbit : Amerika

Penulis : Florence Littauer

Penerbit :

Tahun Terbit :

Kategori: Self Help

Himawan Pramudita

Author Review

3.148

Read
Himawan
Himawan Pramudita

Pencari Keharmonisan Hidup

  

27 Feb 2016 | Komentar : 1

Ingin mengenal kepribadian diri anda, keluarga atau kolega anda? baca buku ini. Buku yang menarik untuk mengenal kepribadian manusia. Di buku ini juga diberikan kuesioner untuk menemukan dan mengetahui karakter kepribadian diri kita – juga keluarga atau teman anda.

 

Buku ini cukup ringan karena hanya berupa buku kecil – bisa dikantongin, dengan jumlah halaman sekitar 370 halaman saja. Cukup asik untuk menemani pagi hari sambil minum teh manis hangat dan semangkuk bubur ayam bersama-sama dengan keluarga atau kolega.

 

Walau ringan namun ilmu yang diulas dibuku ini, menurut saya, sangat luar biasa dan sangat bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi saya, mengenal karakter manusia itu penting karena manusia itu makhluk yang unik dan berbeda-beda –disertai dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Buku ini secara umum membagi karakter kepribadian manusia menjadi 4 (empat) yaitu :

1.       Sanguinis

2.       Plegmatis

3.       Melankolis

4.       Koleris

 

Tidak asing dengan penyebutan karakter di atas? Yup benar, sudah banyak artikel-artikel, blog-blog bahkan game-game yang ada di facebook pun dapat dengan mudah anda jumpai tentang karakter tersebut.

 

Pada buku ini, sang penulis, Florence Littauer, menceritakan kelebihan dan kekurangan masing-masing karakter –ya benar, gaya bahasa dibuku ini lebih seperti bercerita, sehingga ringan dibaca. Selain kelebihan dan kekurangan juga diceritakan tentang perpaduan antar karakter tersebut.

 

Secara singkat, ciri-ciri empat karakter ini adalah sebagai berikut :

 

1.       Sanguinis yang populer

Tipe kepribadian yang sosial. Tipe ini sangat menikmati kesenangan, sangat tenar, mudah bergaul, pandai bercerita dan mudah mengobral janji. Kebanyakan tipe ini seorang motivator yang hebat, namun kadang mereka sulit menerapkannya. Mereka biasanya pelupa dan kurang peka perasaan orang lain. Tipe ini karakter yang paling ceria dan paling menyenangkan jika menjadi member disuatu komunitas/pesta.

 

 

2.       Plegmatis yang damai

Tipe ini sangat tenang, datar, cuek, acuh tak acuh dan seringkali terlihat seperti tidak bersemangat. Tipe ini cenderung tidak pernah marah atau meluap-luap emosinya, mereka juga jarang berdebat –bahkan bisa dibilang tidak pernah berdebat. Mereka adalah pendengar yang baik, sehingga banyak orang yang merasa nyaman curhat dengan tipe ini. Mereka hidup sangat damai dan menerima semua kondisi dengan tenang. 

 

3.       Melankolis yang sempurna

Tipe ini dikatakan sangat perfeksionis, menginginkan segalanya sempurna. Mereka sangat suka menganalisa, berpikir dan mengamati segala hal. Mereka senang melakukan segala hal dengan standar yang tinggi dan sesuai dengan aturan namun cenderung introvert dan kadang tidak realistis –karena terlalu mengejar kesempurnaan. Tipe ini sangat baik melakukan analisa-analisa yang kadang tidak dilihat orang lain

 

4.       Koleris yang kuat

Tipe ini dikatakan cenderung selalu ingin memimpin. Mereka kuat, tegas, aktif dan memiliki kemauan yang tinggi, namun kadang-kadang terkesan sombong dan tidak populer. Jika ada 2 orang koleris yang sedang berdebat, maka tidak akan ada ujungnya karena tidak ada yang mau mengalah. Mereka sangat berpegang pada prinsip dan keputusan yang sudah diambil.

 

Jika sedang membaca buku ini, luangkan waktu anda untuk mengisi kuesioner yang disiapkan. Lebih seru lagi jika dilakukan bersama-sama dengan keluarga atau kolega, dan membahas hasilnya bersama-sama. Jangan lupa bubur ayam dan teh manisnya dihabiskan :)