Start Late, Finish Rich

Jenis Buku : Import

Negara Penerbit : Amerika Serikat

Penulis : David Bach

Tahun Terbit : -

Kategori: Financial

Indra Budi

Author Review

3.245

Read
Indra
Indra Budi

HR Manager, Entrepreneur, Read 1 book a week

  

29 Dec 2015 | Komentar : 5

"Ini bukan tentang seberapa besar pendapatan Anda, tetapi ini tentang berapa proporsi yang Anda tabungkan dengan berapa proporsi yang anda bolehkan untuk Anda belanjakan, karena peningkatan pendapatan secara alamiahnya akan diikuti peningkatan pengeluaran"

Kutipan ini yang paling saya ingat ketika pertama kali membaca buku ini, saat itu saya langsung introspeksi, mencari catatan untuk mengetahui berapa persen tabungan saya lima tahun yang lalu dibandingkan dengan yang sekarang. Dan ternyata isi kutipan itu benar adanya, peningkatan pendapatan saya tidak diikuti dengan peningkatan tabungan, tetapi malah peningkatan pengeluaran selain tabungan.

Berikut point-point utama dari buku tersebut:

Lighten Up

Anda, Saya, dan Mereka, sama-sama memiliki keinginan untuk hidup lebih baik. Tapi orang cerdas memulainya dengan pertanyaan "Bagaimana caranya?", pertanyaan ini akan membimbing Anda untuk mencari tahu, untuk bertanya, untuk belajar, dan selanjutnya Anda akan mempunyai mindset dan strategy yang jelas bagaimana Anda akan mengelola uang Anda.

 

Spend Less

Ringankan beban Anda dari pengeluaran yang tidak tidak perlu. Anda harus secara sadar mengetahui dipakai apa saja uang anda tersebut, apabila banyak pengeluaran yang tidak penting dan tidak mendesak, ini saatnya anda harus berani menahan diri terhadap pengeluaran tersebut. Dalam buku "The Millionaire Next Door" ternyata orang-orang kaya di Amerika Serikat hidup dengan gaya hidup yang sederhana, tinggal diperumahan kelas menengah dan bukan diperumahan elit. Mereka memilih gaya hidup sederhana, bagi mereka lebih penting memiliki kebebasan finansial daripada "terlihat" seperti orang kaya.

 

Save More

Seperti yang dijelaskan diawal, jadikan menabung sebagai gaya hidup. Tahap awal misalnya anda mampu menabung sebesar 5% dari pendapatan Anda, kemudian secara sadar terus perbesar porsi tabungan Anda setiap tahunnya, tentunya makin besar akan makin baik. Selain itu buat program tabungan Anda otomatis (auto debet). Ini kelihatanya sama saja apabila Anda bisa menabung secara konsisten secara waktu dan nominal tabungannya, tetapi justru masalahnya ada disini, Anda akan sulit untuk bisa konsisten, ketika uang sudah ditangan akan banyak godaan dan tekanan agar uang itu dialokasikan untuk keperluan lainnya.

 

Earn More

Setelah  Anda menertibkan pengeluaran, dan mulai memiliki progam menabung, selanjutnya Anda perlu menambah sumber pemasukan. Apabila Anda seorang karyawan, Anda bisa meningkatkan produktivitas bekerja dengan memberikan value lebih untuk perusahaan tempat Anda bekerja, sehingga perusahaan bersedia membayar lebih Anda, baik itu dalam bentuk bonus maupun promosi golongan/jabatan. Atau Anda bisa membangun bisnis rintisan (startup), dengan modal sendiri dan dikerjakan dalam skala kecil, bangun bisnis Anda secara konsisten dan sabar, lakukan dengan serius, lama kelamaan apabila Anda konsisten dan teguh, seperti kebanyakan orang, bisnis Anda akan mulai menampakan hasilnya.

 

Give More

Tujuan dari “start late, finish rich” seharusnya bukan tujuan keuangan semata, karena uang belum tentu membuat Anda bahagia (self-fullfilment), tetapi lebih dari itu uang yang sudah Anda dapatkan harus dikembalikan lagi kepada yang membutuhkan (pay back). Karena semakin banyak yang Anda peroleh sejatinya semakin besar kemampuan Anda untuk membantu orang lain.


Kami team goodaidea sudah menyusun ringkasan buku ini, membutuhkan usaha yang tidak sedikit untuk memilih buku terbaik, memahami text bahasa inggris, mengambil intisari, dan menuliskannya dalam format yang singkat 8 lembar dan komprehensif (cek versi free). Membaca ringkasan ini sama artinya dengan membaca buku aslinya seharga Rp 350rb (cek harga disini). Itu juga berarti Anda mendownload dari pemikir terbaik dunia dari seorang ahli manajemen keuangan keluarga.

 

Ringkasan ini bisa didownload secara gratis khusus untuk subscriber atau member goodaidea.com. Apabila Anda belum menjadi member silahkan daftar.