The Power of Habit

Pendekatan Ilmiah Membangun Kebiasaan Baik

Jenis Buku : Import

Negara Penerbit : USA

Penulis : Charles Duhigg

Tahun Terbit : 2014

Kategori: Self Help

Indra Budi

Author Review

2.531

Read
Indra
Indra Budi

HR Manager, Entrepreneur, Read 1 book a week

  

12 Jan 2016 | Komentar : 1

Dalam buku ini Penulis mengutip dari hasil penelitian bahwa 40% dari apa yang kita lakukan merupakan kebiasaaan. Artinya sebagian besar dari semua yang kita lakukan terjadi dibawah sadar kita.

Ada tiga tahap untuk membangun kebiasaan, yaitu pertama kita harus membuat cue (isyarat), kedua melakukan aktivitas yang kita inginkan secara rutine (routine), dan ketiga secara sadar kita memberikan reward (penghargaan) atas usaha melalukan kebiasaan tersebut.

  • Cue, merupakan sinyal yang kita buat yang memerintahkan kepada otak untuk melakukan sesuatu. Misalnya jika Anda memiliki keinginan untuk rutin berolah raga setiap pagi, maka Anda bisa membuat cue misalnya dengan menaruh sepatu olah raga di dekat pintu kamar. Sepatu ini kita maksudkan sebagai isyarat bahwa jika kita melihat sepatu itu, maka kita punya komitment untuk melakukan olah raga setiap pagi.
  • Rotine, setelah isyarat dikirimkan ke otak bahwa kita akan melakukan kebiasaan baru, selanjutnya kita harus punya komitment untuk melakukannya secara rutin dan konsisten. Contohnya jika Anda sudah memahami cue sepatu dan segera melakukan olah raga pagi, maka lakukan kebiasaan tersebut secara rutin atau terus menerus - dibuku lain menyebutkan paling tidak dilakukan selama 66 hari terus menerus agar menjadi kebiasaan -
  • Reward, berikan penghargaan atau hadiah atas usaha melakukan habits baru tersebut. Membangun kebiasaan merupakan hal yang sulit, maka Anda perlu menemukan bentuk hadiah/reward apa yang bisa terus memotivasi Anda untuk melakukan kebiasaan baru tersebut. Misalnya apabila Anda sudah berhasil melakukan olah raga pagi, ketahuilah reward apa yang Anda dapatkan baik secara langsung maupun perlu Anda ciptakan. Setelah olah raga tubuh Anda akan memproduksi hormon endorphins, yang mana hormon ini akan menimbulkan perasaan bahagia -reward langsung akibat melakukan olah raga-. atau Anda perlu membuat reward yang Anda ciptakan misalnya setelah olah raga pagi Anda membolehkan diri sendiri untuk membeli makanan favorit Anda. Bentuk reward seperti ini perlu uji coba untuk memilih yang paling sesuai dan memotivasi.

 

Formulanya: When you see a Cue, I will do a Routine in order to get Reward I crave.

 

Sekarang coba Anda pikirkan, kebiasaan baru apa yang ingin Anda lakukan ?, bangun pagi, memiliki pola makan sehat, atau kebiasaan membaca buku 30 menit setiap hari ?, cobalah praktekan tips ini dan ceritakan bagaimana hasilnya.