Part 3: Menguji Pemahaman Anda Setelah Membaca Buku

Prawira Azizi

Knowledge influencer, Strategist, Stock Investment enthusiasm

   
02 Jan 2016

Banyaknya buku yang dibaca tidak berarti cukup baiknya pemahaman si pembaca buku. Sekedar membaca buku berbeda dengan membaca buku mendalam. Anda butuh extra effort untuk benar-benar memahami apa yang dimaksudkan si penulis. Berikut ini cara yang bisa Anda coba untuk menguji pemahaman Anda setelah membaca buku.

 

Langkah 1: Judul sebuah buku biasanya mencerminkan isi buku secara keseluruhan, akan tetapi judul ini mungkin terlalu luas cakupannya, ambilah salah satu topik yang diambil dari salah satu bab yang mana topik itu merupakan judul inti di buku tersebut. Kemudian ambil kertas kosong dan tuliskan topik itu dibagian atasnya.

Langkah 2: Sekarang bayangkan Anda akan mengajar topik tersebut pada seseorang. Tuliskan semua hal yang Anda pahami tentang topik tersebut pada kertas kosong tadi, berusahalah bahwa Anda akan menyusun materi tersebut sebaik-baiknya. Pada saat menuliskan seperti itu Anda akan dengan mudah mengidentifikasi gap pengetahuan Anda, mana yang sudah dipahami dan mana yg belum.

Langkah 3: Jika Anda "mentok" kemungkinan Anda belum paham betul, cobalah buka kembali buku referensi Anda. Pahami dengan baik dan temukan ide dasarnya. Setelah itu kembali ke kertas kerja Anda dan tuliskan kembali apa yang Anda pahami.

Langkah 4: Sekarang sederhanakan bahasa Anda. Tujuannya yaitu Anda bisa menggunakan bahasa Anda dan bukan menggunakan bahasa di buku tersebut, karena biasanya apabila Anda menggunakan bahasa sebagaimana bahasa asli di buku tersebut itu mencerminkan Anda belum paham betul, dan apabila Anda sudah memahami dengan baik, Anda akan menemukan bahasa Anda dengan sendirinya.